Jangan Biasakan Melepas Baterai Laptop Saat Digunakan

(Langitsatu.com) Apakah anda pengguna sebuah laptop atau notebook ? kalau iya seringkah anda menggunakannya dengan tenaga listrik dan melepaskan baterainya ? Sebaiknya kebiasaan tersebut harus dihentikan karena itu akan...
li-ion-laptop-battery

(Langitsatu.com) Apakah anda pengguna sebuah laptop atau notebook ? kalau iya seringkah anda menggunakannya dengan tenaga listrik dan melepaskan baterainya ? Sebaiknya kebiasaan tersebut harus dihentikan karena itu akan membuat laptop anda akan berada dalam masalah nantinya.

Jika listrik di rumah atau kantor anda tidak stabil maka akan menggangu kinerja dari motherboard laptop itu sendiri dan efeknya langsung ke motherboad tersebut, jika menggunakan baterai jika sewaktu-waktu tegangan listrik turun akan terbantu oleh adanya baterai itu sendiri sehingga efek yang diberikan tidak berdampak pada motherboard laptop anda.

Berikut adalah bahaya dari melepaskan baterai di laptop anda :

1. Komponen dalam laptop dapat rusak.

Apabila laptop tersebut tidak menggunakan baterai sebagai energi untuk operasi laptop tentulah memakai listrik sebagai penyalurnya, akan tetpi karena hal demikian tidak baik, hal lainnya pun dapat tidak baik pula seperti ketika menggunakan listrik sebagai penghubungnya, akan berbahaya bagi komponen yang sedang beroperasi jika tiba-tiba terjadi mati listrik secara mendadak karena akan merusak komponen yang bekerja tadi seperti harddisk, keyboard, kapasitor, bahkan layar monitorpun juga akan terkena.

2. Baterai laptop akan cepat rusak

Sebuah baterai laptop didalamnya mempunyai sebuah cairan dan jika tidak digunakan dalam kurun waktu tertentu maka kualitas dari cairan itu akan menurun dan membuat baterai tidak bekerja secara optimal lagi. Bahkan dalam keadaan dicharger tetap saja akan kehilangan daya energinya yang telah membeku dan pada akhirnya tidak dapat digunakan lagi karena sudah tidak layak dipakai, solusinya tentu membeli baterai yang baru.

3. Laptop akan sering hang dan bekerja lambat

Akibat seringnya pemakaian charger yang dibuat untuk pengisian serta proses operasi dan juga seringnya mati listrik yang terjadi tiba-tiba akan membuat suatu crash pada sistem operasi komputer yang sedang aktif. Hal inilah yang membuat laptop kita menjadi sering hang atau stuck dan kadang terjadi bluescreen karena komponen maupun sistem komputer kita terganggu. Terganggunya dari komponen dan sistem itulah yang menjadi masalah utama berakibat laptop kita lemot dan tidak secepat biasanya.

Baiknya anda menggunakan baterai laptop anda dengan benar yaitu, dengan cara gunakan baterai di laptop anda sampai dirasa kapsitas baterai anda 10-15% lalu lakukan pengisian jika, dirasa anda perlu menggunakan laptop saat di charge itu tidak masalah gunakan saja namun, jika indiaktor baterai laptop anda sudah penuh langsung lakukan pencabutan daya dan gunakan sampai baterai terisisa sedikit. (PP)

Categories
Lifestyle

-Technologies-
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY