Misteri Hilangnya Kapal Selam Argentina

Langitsatu.com – Kecil harapan untuk pencarian yang sukses atas kapal selam milik Argentina ini, ARA San Juan, yang hilang secara misterius di Laut Atlantik Selatan semakin memuar. Angkatan laut...
image

Langitsatu.com – Kecil harapan untuk pencarian yang sukses atas kapal selam milik Argentina ini, ARA San Juan, yang hilang secara misterius di Laut Atlantik Selatan semakin memuar. Angkatan laut mengatakan bahwa pihaknya sempat mendapatkan panggilan satelit waktu itu, namun tetap saja kapal selam tersebut tidak dapat ditemukan. Ditambah lagi dengan cuaca ekstrem yang melanda wilayah tersebut, semakin sulit untuk menemukan kapal selam tersebut.

Sebenarnya dari awal kapal ARA San Juan sudah melaporkan adanya kendala teknis pada kapal tersebut. Kapal selam milik militer Argentina yang berawak kapal 44 orang tersebut sempat melapor bahwa mengalami kerusakan dan disarankan untuk kembali ke markas sebelum akhirnya dinyatakan hilang oleh pemerintah argentina.

Gabriel Galeazzi, komandan angkatan laut, mengatakan bahwa kapal selam itu sempat melaporkan masalah listrik sebelum akhirnya menghilang sejauh 432 km di lepas pantai.

“Kapal selam itu muncul dan melaporkan adanya malfungsi, itulah sebabnya perintah dasarnya untuk kembali ke pangkalan angkatan lautnya di Mar del Plata,” ujar Galeazzi, dinukil dari Reuters, Selasa (21/11/2017).

Galeazzi mengatakan, normal bagi kapal selam jika mengalami malfungsi sistem. “Sebuah kapal perang memiliki banyak sistem cadangan, untuk memungkinkannya berpindah dari satu tempat ke tempat lain bila ada kerusakan,” katany.

Sekedar diketahui, lebih dari selusin kapal dan pesawat terbang dari Argentina, Amerika Serikat, Inggris, Cile, dan Brasil bergabung dalam usaha pencarian tersebut. Pihak berwenang sementara hanya memindai laut dari permukaan akibat cuaca ekstrem. Para kerabat anggota kru pun berkumpul di pangkalan angkatan laut Mar del Plata untuk menunggu kabar. ( ahw/arg )

Categories
Sport

Belum Sukses
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY