Derbi Jawa Timur Tanpa Pemenang

Langitsatu.com – Dua tim asal Jawa Timur, Persela dan Persebaya, saling berhadapan dalam lanjutan pekan kedua Gojek Liga 1 2018 pada Jumat (30/3) di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur. Duel...
1

Langitsatu.com – Dua tim asal Jawa Timur, Persela dan Persebaya, saling berhadapan dalam lanjutan pekan kedua Gojek Liga 1 2018 pada Jumat (30/3) di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur. Duel klasik yang sudah lama dinanti-nanti kembali itu berakhir tanpa pemenang, skor imbang, 1-1.

Persela yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri (LA Mania) berambisi meraih kemenangan pertama di Gojek Liga 1 2018. Pasalnya pada pekan pertama lalu mereka dikandaskan oleh perlawanan Persipura di Jayapura dengan skor 2-1.

Pada menit ke 3′, Persela mampu menciptakan peluang pertama melalui pergerakan Saddil Ramdani (11), sayang tembakannya masih mengarah di samping kanan gawang Persebaya yang dijaga Miswar Saputra (33).

Empat menit berselang, giliran Persebaya yang menciptkan peluang pertama. Umpan matang yang dilayangkan Oktafianus (8) disambut dengan sundulan kepala oleh Robertino (10), namun masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Persela, Dwi (33).

Sepanjang babak pertama, kedua tim saling melancarkan serangan. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat kedudukan imbang, 0-0, tidak berubah sampai wasit meniup peluit tanda pertandingan babak pertama usai.

Punggawa tim nasional Indonesia U-23, Saddil Ramdani (11), yang menjadi motor serangan Persela kembali menciptakan peluang pertama Persela di babak kedua, namun hasilnya masih nihil. Pada menit 53′ tembakan kerasnya yang mengarah ke gawang Persebaya masih bisa dimentahkan oleh Miswar (33).

Saddil tidak menyianyiakan kesempatan keduanya. Pada menit 57′, berawal dari penetrasinya di sisi kanan pertahanan Persebaya, ia mengirimkan umpan silang yang dimanfaatkan oleh Diego Assis (88) untuk merubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Persela.

Keunggulan 1-0 justru membuat barisan pertahanan Persela lengah. Pada menit 69′, serangan balik cepat Persebaya menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Umpan manis Robertino (10) mampu dikonfersi menjadi gol oleh pemain pengganti David Da Silva (17) yang mengarahkan bola ke gawang kosong setelah melewati kiper Persela, Dwi (33).

Kedudukan 1-1 membuat sisa pertandingan menjadi semakin panas. Kedua tim yang saling bertetangga ini ingin menunjukkan siapa yang terbaik diantara mereka. Meskipun berstatus sebagai tim promosi, Persebaya Surabaya tidak menunjukkan bahwa kualitas mereka di bawah Persela Lamongan yang belum pernah terdegradasi selama gelaran Liga Indonesia.

Pada menit 80′ David Da Silva (17) hampir saja membuat LA Mania terdiam. Tembakan terarah David hampir membuat Persebaya berbalik unggul apabila tidak ada penyelamatan gemilang oleh Dwi (33).

Kedudukan 1-1 menjadi akhir dari pertandingan derbi Jawa Timur ini. Dengan hasil ini, Persela Lamongan masih berada di papan bawah klasemen sementara Gojek Liga 1 dengan 1 poin hasil dari 1 kekalahan dan 1 hasil imbang. Sementara, Persebaya memuncaki klasemen sementara dengan raihan 4 poin dari 1 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Pada pekan ketiga nanti, Persela akan bertandang ke markas PSM Makassar pada Jumat (6/4) . Dan Persebaya akan meladeni perlawanan Barito Putera di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Minggu (8/4). (alf)

photo by : Persela FC

Categories
Sport
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY