PRESIDEN JOKO WIDODO MEMBERIKAN APRESIASI PADA PRODUK YANG DIPAMERKAN DI IIMS 2018

Langitsatu.com – Pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 terasa sangat istimewa karena dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Kian membanggakan karena Presiden Jokowi memberi apresiasi tinggi pada produk lokal...
Bapak Presiden

Langitsatu.com – Pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 terasa sangat istimewa karena dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Kian membanggakan karena Presiden Jokowi memberi apresiasi tinggi pada produk lokal yang dipamerkan.

Perhelatan akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di Tanah Air. Tahun ini, ajang IIMS 2018 mendapatkan kehormatan yang luar biasa dengan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
Bapak Presiden
Kedatangan Presiden yang akrab disapa dengan nama panggilan Jokowi ini tak luput dari kesamaan visi dan misi antara pemerintah RI dengan pameran IIMS 2018. Mengusung tema besar “Your Infinite Automotive Experience”, IIMS 2018 mengedepankan teknologi digital di segala lini pameran. Dan ini sejalan dengan pandangan Presiden Jokowi.

“Saya kira kita di sini semua hidup di era dimana perkembangan teknologi begitu sangat cepat. Tentunya kita semua sudah memahami perkembangan yang luar biasa di sektor e-commerce dan ekonomi digital,” jelas Presiden Joko Widodo dalam pidato pembukaan IIMS 2018 di Semeru Room, JIExpo, Kemayoran, Jakarta (19/4/2018).

Presiden Joko Widodo terlihat sangat menikmati kunjungan ke arena IIMS 2018. Setelah pembukaan di Semeru Room, Jokowi didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Lilik Oetama selaku Komisaris Utama PT. Dyandra Media International, Tbk dan CEO Kompas Gramedia, serta Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, melakukan kunjungan ke area pameran yang berada di JIExpo Kemayoran tersebut.

Dimulai dari Hall D kemudian ke Hall A, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke beberapa agen pemegang merek (APM) yang banyak meluncurkan produk baru untuk masyarakat Indonesia. Presiden Jokowi terlihat begitu antusias memperhatikan dengan seksama produk-produk yang dipajang. Sesekali Presiden Jokowi bercakap-cakap dengan para petinggi APM yang menyambutnya di atas booth.

Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju stand INCREASE (Innovative and Creative Automotive Society). INCREASE adalah stand yang memajang motor kustom lokal karya anak bangsa. Terasa sangat istimewa karena di stand INCREASE memajang motor kustom ala chopper kesayangan Presiden Jokowi yang tampak gagah dengan tangki bensin berwarna emas.

Presiden Jokowi juga sempat mendatangi motor kustom milik putra sulungnya yakni Gibran Rakabumi Raka yang ikut dipajang di stand INCREASE. Bahkan, Presiden Jokowi sempat duduk di atas sadel motor bergaya caferacer pemilik warung Makobar tersebut dan tersenyum lebar di tengah kerumunan wartawan yang dengan sigap memanfaatkan momen tersebut untuk mengabadikan.

“Keberadaan stand INCREASE merupakan wujud apresiasi kami kepada builder lokal yang kreatif dan punya citarasa tinggi dalam menciptakan motor kustom yang keren, trendy, namun tetap layak pakai di jalan. Makanya, di stand ini kami juga memberikan workshop kepada generasi milenial yang ingin belajar membangun motor kustom. Dan Bapak Presiden sangat mendukung kegiatan positif tersebut,” jelas Kohen, sapaan akrab Hendra.

Selanjutnya Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke stand yang memajang mobil listrik hasil ciptaan para mahasiswa Indonesia yang sudah banyak mendapatkan penghargaan di berbagai kompetisi dunia. Kunjungan Presiden Jokowi juga merupakan wujud dukungannya pada proses kreatif para mahasiswa yang merupakan generasi calon pemimpin bangsa. Apalagi, anak muda tersebut menciptakan kendaraan alternatif berbahan bakar listrik yang hemat energi dan tanpa emisi gas buang.

Presiden juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke stand Kementerian Perindustrian di Hall B untuk melihat mobil pedesaan berupa Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDES). Kendaraan multiguna ini jelas nantinya akan sangat membantu pekerjaan para petani di pedesaan dengan mempermudah proses cocok tanam. Selain itu, pembukaan pabrik perakitan AMMDES nantinya juga akan menyerap banyak tenaga kerja lokal di pabrik.

“Dari kunjungan ini terlihat bahwa Presiden Jokowi sangat menikmati produk-produk yang kami pamerkan di IIMS 2018. Hal itu bisa terjadi karena IIMS 2018 tidak sekadar memajang mobil atau motor baru, namun juga memiliki visi dan misi yang jelas dan tegas dalam mengakomodasi para pelaku industri otomotif lokal skala kecil dan menengah sehingga mereka memiliki peluang pemasaran, serta memupuk dan merawat idealisme para pecinta otomotif supaya tetap menampilkan karya yang kaya akan citarasa seni tinggi, namun tetap bervisi masa depan,” terang Kohen.

Berikut daftar agen pemegang merek (APM) mobil dan motor yang memperkenalkan produk baru di IIMS 2018.

Honda
PT Honda Prospect Motor (HPM) hadir di ajang IIMS 2018 dengan tema “Drive Sporty – Live Safely” yang diwujudkan melalui produk-produk berkarakter sporti. Menempati Hall D2 dengan luas 1.661 meter2, terdapat 29 unit mobil yang dipamerkan.
aa973495-1950-4ecc-ba18-dd0cbc694754Honda Motor
Melalui ‘Drive Sporty – Live Safely’, Honda mengedepankan mobil-mobil dengan sensasi berkendara yang sporty namun tetap memberikan rasa aman untuk setiap orang. Hal ini sejalan dengan DNA Honda dan filosofi ‘Safety for Everyone’ yang selalu diaplikasikan ke setiap produk Honda,” ujar Takehiro Watanabe, President Director PT HPM.

Selain lini produk mobil unggulan, Honda juga memboyong mobil konsep Honda Small RS Concept untuk pertama kalinya di dunia. Mobil konsep yang dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific ini menampilkan desain eksterior bergaya sporty. Saat ini di Indonesia beberapa model yang mempunyai varian RS yaitu Honda Jazz, Honda Brio dan Honda Mobilio.

Mazda
PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) sebagai distributor Mazda di Indonesia untuk kedua kalinya mengikuti ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Mazda menampilkan line-up terbaiknya yaitu Mazda2, Mazda 3, Mazda CX-3, Mazda CX-5 dan Mazda CX-9. Selain itu MPV andalannya adalah Mazda Biante. Keseluruhan unit ditampilkan dengan mengusung teknologi andalan Mazda yaitu SKYACTIV-Technology dan filosofi desain KODO-Soul of Motion.

Volkswagen
Berada di Hall D1, PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai agen pemegang merek Volkswagen (VW) menghadirkan VW Polo VRS sebagai produk terbarunya di IIMS 2018. Berasal dari singkatan Volkswagen Racing Spirit (VRS), VW Polo VRS mendapat aksesoris tambahan pada bumper depan dan belakang, serta pelek dengan ukuran lebih besar 16 inci (versi standar 15 inci). Balutan warna black matte pada velg dan atap mobil membuatnya tampil lebih sporti dari versi standar.

BMW-MINI
Sebanyak 16 model kendaraan BMW dan MINI dipamerkan di Hall D1. Di atas lahan seluas 860 meter persegi, seluruh lini produk terbaik BMW Group Indonesia dihadirkan di BMW Group Pavilion.

“BMW Group Indonesia mempersembahkan lini kendaraan terbaik di BMW Group Pavilion pada gelaran IIMS 2018 kali ini. Mulai dari model-model unggulan seperti BMW Seri 7, Seri 5 dan untuk pertama kalinya publik lebih dekat dengan produk Sports Activity Vehicle terbaik kami, All-New BMW X3,” papar Jodie O’tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia.

Mitsubishi Motors
Menempati booth di hall A1 dengan luas 1.362 m2, MMKSI memperkenalkan varian barunya yaitu Pajero Sport Rockford Fosgate Limited editon, yaitu varian baru Pajero Sport yang hadir sebagai edisi special dengan jumlah terbatas di Indonesia dan New Triton Athelete sebagai varian baru untuk model pick up double cabin Triton. MMKSI juga menampilkan Outlander PHEV dan i-MiEV pada area test drive khusus mobil listrik dan hybrid.

“Kami menghadirkan seluruh lini produk kendaraan unggulan Mitsubishi Motors untuk pasar Indonesia yang dapat di ekspor secara bebas. Hal ini merupakan komitmen kami untuk menjadikan Mitsubishi Motors sebagai top of mind brand dan pilihan masyarakat Indonesia,” ujar Kyoya Kondo, President Director PT MMKSI.

DFSK
PT Sokonindo Automobile meluncurkan SUV andalan mereka, DFSK Glory 580. SUV 7 penumpang ini menawarkan garansi 7 tahun atau 150.000 km mana yang lebih dulu. Urusan harga DFSK dijual dengan rentang harga Rp 220-350 juta.

“DFSK Glory 580 diproduksi lokal di pabrik Cikande, yang berbasis teknologi industri 4.0 sehingga menjamin ketenangan penggunanya. Semua hal tersebut, berdasar pada nilai semua untuk pelanggan. Dengan keunggulan teknologi berplatform global milik kami, Glory 580 ini tersedia bagi kaum elit perkotaan di Indonesia,” ucap Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile saat peluncuran DFSK Glory 580 di IIMS-JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hyundai
PT Hyundai Mobil Indonesia membawa seluruh line-up kendaraan di segmen passenger car dan special vehicles di IIMS 2018. Booth utama berada di Hall A6A ditempati oleh Hyundai H-1, Hyundai Santa Fe SE, Hyundai Tucson SE, Hyundai i20, dan Hyundai Grand i10X. Sementara booth kedua berada di hall B-48 & 49 yang menampilkan Hyundai Starex Mover dalam varian ambulans dan Hyundai H-100 dalam varian mobil box.

Chevrolet
Chevrolet Indonesia kembali berpartisipasi pada ajang motor show terbesar, IIMS di Hall A, JIExpo Kemayoran. Pembukaan IIMS 2018 menjadi momentum bagi PT General Motors Indonesia untuk merayakan 100 tahun kendaraan truk dengan mempersembahkan Colorado Contennial Edition 2018 yang dipasarkan dengan harga Rp 555 juta.

“Indonesia merupakan salah satu pasar strategis bagi General Motors Asia Tenggara. Dalam rangka merayakan 100 tahun pick up trucks Chevrolet di Asia Tenggara, kami mempersembahkan Colorado Contennial Edition 2018,” ujar Sumito Ishii, Vice President of Vehicle Sales, Service and Marketing, General Motors Southeast Asia.

Suzuki
IIMS 2018 menjadi momen untuk kehadiran generasi terbaru Suzuki Ertiga. “Tahun ini, memperingati 60 tahun kerjasama diplomatis antara Jepang dan Indonesia, kami merayakannya dengan peluncuran All New Ertiga di Indonesia,” ujar Shuji Oishi, Managing Officer Suzuki Motor Corporation.

Tidak hanya perubahan eksterior dan interior, mesin Suzuki Ertiga terbaru juga diperbarui dengan menggunakan mesin berkode K15B berkapasitas 1.500 cc. Berada di Hall A, Suzuki juga menampilkan lini produk terbaiknya seperti Suzuki Baleno, Suzuki SX4 S-Cross dan Suzuki Ignis.

Wuling
Wuling Motors (Wuling) untuk pertama kalinya turut berpartisipasi dalam ajang IIMS 2018 di JIExpo, Kemayoran. Dalam kehadiran perdananya, Wuling membawa serta seluruh lini produknya yakni seri Confero serta Cortez yang dipamerkan di booth Wuling di Hall A dengan luas 690 m2.

“Ini merupakan pertama kalinya kami hadir di IIMS. Selain menunjukkan eksistensi kami di Indonesia, langkah ini juga bertujuan untuk mengakomodasi konsumen dalam memiliki produk Wuling,” kata Sales Director Wuling Motors, Nathan Sun. Wuling memamerkan tujuh unit produk terdiri dari Confero S, Cortez 1.8 dan produk baru yang diluncurkan pada hari pembukaan IIMS 2018, Cortez 1.5.

Honda (Motor)
Meluncurkan dua produk baru yakni Honda Gold Wing dan Honda PCX Hybrid, PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki dua booth di Hall C dan Hall D. Pada Hall D JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, AHM memamerkan beragam produk big bike dan premium yang sesuai dengan gaya hidup pengendara. “Kami ingin masyarakat dapat melihat langsung jajaran sepeda motor Honda di berbagai segmen dengan berbagai karakter dan teknologinya,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM.

AHM menampilkan Honda RC213V-S, Honda CBR1000 RR, dan super sport produksi Indonesia, Honda CBR250 RR Racing Machine. Terdapat pula Honda CMX500 Rebel, Honda CRF1000L Africa Twin, Honda CRF250RALLY dan Honda CRF150L. Sedangkan untuk pecinta adventure Honda menghadirkan Honda X-ADV. Pada area commuter, terdapat skutik teranyar berkapasitas 150 cc yakni Honda PCX Hybrid.

BMW Motorrad
BMW Motorrad Indonesia menempati area Hall D. Motor baru yang dibawa oleh BMW Motorrad adalah HP4 race, S1000R, R1200 dan R nineT Spezial. “Kami menampilkan empat produk baru dan unggulan ini untuk lebih mendekatkan diri dengan para konsumen. Ada produk untuk model balap ada juga untuk harian,” ujar Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia.

Triumph
PT Garda Andalan Selaras (GAS), distributor resmi Triumph di Indonesia berada di Hall C2. GAS membawa 10 model motor, yakni Bonneville T100, Bonneville T 120, Bonneville T100 Black, Bonneville T 120 Black, Bonneville Bobber, Bonneville Bobber Black, Street Triple RS, Tiger 800 XCX, dan Thruxton 1200 R. Urusan harga motor Triumph dibanderol mulai dari Rp. 340-485 Juta.

Royal Enfield
PT Distributor Motor Indonesia (DMI) selaku dealer resmi Royal Enfield di Indonesia menghadirkan Royal Enfiled Himalayan. Selain itu terdapat pula Royal Enfield Bullet dan Royal Enfield Clasic. DMI juga mengadakan tes drive untuk pengunjung IIMS yang ingin mencoba Royal Enfield Himalayan. (Br)

Categories
Otomotif
No Comment

Leave a Reply

*

*

RELATED BY