Abraham Damar Grahita Dicoret Timnas

Langitsatu.com – Usai kalah dari timnas Korea Selatan, kabar mengejutkan hadir dari timnas Indonesia pada Jumat (21/02) kemarin. Timnas Indonesia mencoret satu guard andalan mereka, Abraham Damar Grahita. Pencoretan ini...
IMG_5384

Langitsatu.com – Usai kalah dari timnas Korea Selatan, kabar mengejutkan hadir dari timnas Indonesia pada Jumat (21/02) kemarin. Timnas Indonesia mencoret satu guard andalan mereka, Abraham Damar Grahita. Pencoretan ini bukan tanpa alasan, gesture tubuh kurang sopan yang ditunjukkan Abraham saat konferensi pers usai pertandingan melawan Korea Selatan di Mahaka Arena, Jakarta, Kamis lalu (20/02) menjadi alasan utama pencoretan Abraham.

Manajer Fareza Tamrella mengatakan bahwa pihaknya mengambil tindakan ini untuk memberi pelajaran sekaligus teguran kepada Abraham. “Kami mencoret Abraham dari tim nasional mulai hari ini (Jumat, 21/02) sampai kurun waktu yang belum ditentukan,” katanya, sesuai edaran yang dikeluarkan Perbasi. Kebetulan keputusan pencoretan juga didapat setelah berdiskusi dengan federasi bola basket Indonesia.

Abraham yang tampil memukau dengan 25 poin di pertandingan melawan Korea Selatan, meskipun pada akhirnya Indonesia kalah 76-109, mendapat kesempatan untuk bertemu para awak media di Media Center usai pertandingan bersama kepala pelatih Rajko Toroman. Saat pelatih Rajko Toroman mengungkapkan komentarnya terkait pertandingan itu dan persiapannya jelang menghadapi Philipina, disitu lah Abraham menunjukkan gesture tubuh yang dinilai kurang sopan.

image 1 image 2

Saat itu Abraham nampak kurang setuju dengan komentar Rajko Toroman yang menyatakan bahwa salah satu faktor kekalahan timnas Indonesia atas Korea Selatan adalah tidak bisa bermainnya pemain naturalisasi, Lester Prosper dan Brandon Jawato. Selain itu, Abraham juga nampak kurang puas dengan jawaban Coach Rajko Toroman saat ditanya mengenai persiapan mereka jelang pertandingan melawan Filipina, Minggu (23/02)

“Menjadi pemain nasional adalah achievement tertinggi dari seorang pebasket di Indonesia,” ucap Fareza. “Sebisa mungkin para pemain yang berkesempatan menjadi pemain nasional menjaga sikap di tempat umum dan di depan event internasional yang membawa nama bangsa.”

Sebelum Abraham, beberapa pemain timnas Indonesia lain sebenarnya pernah melakukan protes terhadap aktivitas timnas Indonesia. Lester Prosper, Arki Wisnu, dan Brandon Jawato sempat mencurahkan isi hati mereka di media sosial menyinggung timnas untuk memberikan waktu istirahat kepada mereka karena jadwal yang terlalu padat jelang FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers. Namun, oleh Perbasi protes ini hanya mendapat sanksi teguran.

Abraham sendiri telah meminta maaf dan mengaku salah atas kejadian ini melalui akun media sosial pribadinya. Namun, keputusan pencoretan tetap dilaksanakan.

Timnas Indonesia yang dijadwalkan berhadapan dengan Filipina Minggu (23/02) esok dalam lanjutan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers harus kembali memutar otak. Abraham tidak akan main. Dua pemain naturalisasi, Lester Prosper dan Brandon Jawato, pun belum jelas proses naturalisasinya dan belum bisa dipastikan tampil di pertandingan ini sampai sekarang. (alf)

Categories
Sport

RELATED BY

  • BWF World Tour Super 500 day 1

    Terima Kasih Tontowi Ahmad

    Langitsatu.com – Pemain kaya prestasi Tantowi Ahmad memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis profesional selama ini ia tekuni dan telah membesarkan namanya. Owi ( Sapaan akrabnya ) menyatakan mundur...
  • IMG_5381

    Abraham Damar Grahita Kembali Perkuat Indonesia

    Langitsatu.com – Pasca tindakan kurang sopan yang dilakukan guard timnas Indonesia, Abraham Damar Grahita, dalam konferensi pers usai pertandingan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers melawan Korea Selatan, Kamis (20/02) lalu, kabar keputusan...
  • 2145499550

    Jakarta Bersiap Gelar Grand Prix Formula E 2020

    Langitsatu.com – Ibukota Jakarta persiapkan diri jelang gelaran Grand Prix Formula E 2020 di Jakarta atau Jakarta E-Prix 2020 yang rencananya akan digelar pada 6 Juni mendatang. Konsep sirkuit...
  • image (4)

    Indonesia Ditundukkan Korea Selatan

    Langitsatu.com – Timnas bola basket Indonesia harus mengakui keunggulan timnas bola basket Korea Selatan pada pertandingan pertama Grup A FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers yang digelar di Mahaka Arena,...