Abraham Damar Grahita Kembali Perkuat Indonesia

Langitsatu.com – Pasca tindakan kurang sopan yang dilakukan guard timnas Indonesia, Abraham Damar Grahita, dalam konferensi pers usai pertandingan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers melawan Korea Selatan, Kamis (20/02) lalu, kabar keputusan...
IMG_5381

Langitsatu.com – Pasca tindakan kurang sopan yang dilakukan guard timnas Indonesia, Abraham Damar Grahita, dalam konferensi pers usai pertandingan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers melawan Korea Selatan, Kamis (20/02) lalu, kabar keputusan pencoretan Abraham dari skuad timnas langsung menjadi buah bibir di media massa.

Sehari setelah keputusan pencoretan itu, Perbasi mengambil tindakan. Perbasi tidak memberi hukuman larangan bermain, melainkan hukuman dialihkan menjadi kerja sosial minimal satu kali setiap bulan hingga bulan Desember 2020.

Dalam jumpa pers yang dilakukan Sabtu (22/02), Abraham mengungkapkan permohonan maaf dan penyesalannya kepada seluruh pihak yang merasa dirugikan dengan tindakannya.

“Saya meminta maaf kepada PP Perbasi, Badan Tim Nasional,  Coach dan Manajer serta rekan setim di Timnas, dan penggemar bola basket di seluruh Indonesia atas sikap kurang terpuji saat saat jumpa pers usai pertandingan melawan Korsel,” ungkap Abraham. “Saya menyesali semua itu,” tambahnya.

PP Perbasi dan timnas pun mengeluarkan surat keputusan resmi terkait kasus ini. Dalam Surat Keputusan Nomor 006/PP/II/2020 tentang Pelanggaran Etika Pemain Tim Nasional Bola Basket Putra Indonesia Abraham Damar Grahita menetapkan:

1.Menyatakan dengan sah dan meyakinkan bahwa Abraham Damar telah melakukan pelanggaran etika dan sikap sebagai Pemain yang sedang membela Tim Nasional di kejuaraan dengan skala Internasional.

2.Menjatuhkan hukuman percobaan terhadap Abraham Damar Grahita sampai dengan 31 Desember 2020, apabila yang bersangkutan mengulangi hal yang serupa dan/ atau menyerupai kejadian yang sama maka PP PERBASI akan meninjau ulang Surat Keputusan ini dan akan menjatuhkan sanksi yang lebih berat.

3.Memerintahkan Abraham Damar Grahita untuk melakukan bakti sosial sebanyak 1 (Satu) kali dalam satu bulan sampai masa hukuman selesai.

4.Bahwa Abraham Damar Grahita dapat membela Tim Nasional kembali pada pertandingan selanjutnya.

Dengan surat keputusan ini, dapat dipastikan Abraham bisa kembali memperkuat timnas Indonesia dalam lanjutan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers melawan Philipina, Minggu (23/02) di Mahaka Arena, Jakarta. (alf)

Categories
Sport

RELATED BY