Acara “Harmoni Nusantara” hadirkan tawa lewat kesenian

Langitsatu.com – Barak Teater yang bekerjasama dengan kelompok Longser Ngaprak Rancaekek menggagas acara yang bertajuk “Harmoni Nusantara” yang diselenggarakan di Komunitas Celah-Celah Langit Bandung (belakang terminal Ledeng Bandung). Acara...
1569804927671-01

Langitsatu.com – Barak Teater yang bekerjasama dengan kelompok Longser Ngaprak Rancaekek menggagas acara yang bertajuk “Harmoni Nusantara” yang diselenggarakan di Komunitas Celah-Celah Langit Bandung (belakang terminal Ledeng Bandung).

Acara yang digelar pada Jumat malam itu dihadiri oleh seniman kota Bandung, mahasiswa dari berbagai daerah, dan masyarakat sekitar Ledeng.

“Yang hadir pada malam ini berasal dari berbagai kalangan dan berbagai daerah, dari Papua, dari Kupang, dari Sumatera dan dari daerah lainnya. Kita duduk bersama dan setara tanpa ada perbedaan”. Tutur iman Soleh selaku pimpinan Celah-Celah Langit.

Kegiatan tersebut dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, semua yang hadir begitu khidmat ketika lagu kebangsaan Indonesia dinyanyikan.

Rangkaian acara yang menarik membuat penonton yang hadir tidak mau terlewatkan acara demi acara yang disuguhkan. Mulai dari pembacaan puisi oleh seniman-seniman muda hingga seniman senior Doddy Eka, lantunan lagu-lagu tentang persatuan, dan stand up comedy oleh komika asal Kupang yang tergabung dalam Stand Up Indo Bandung, Jeferson.

Pada puncak acara, gelaran Longser menjadi yang ditunggu-tunggu. Karena Longser merupakan kesenian yang berangkat dari idiom kerakyatan atau tradisi sunda yang sudah jarang dilestarikan. Kelompok Longser Ngaprak Rancaekek menjadi salah satu kelompok pemuda yang masih menjaga tradisi tersebut.

“Indonesia sedang membutuhkan banyak tawa bahagia, dan melalui Longser kami berusaha mewujudkan tawa bahagia tersebut”. Ungkap Ari G. Tomat selaku penulis naskah “HAR” dalam Longser yang dipertontonkan pada malam itu.

Luthfi yang merupakan pimpinan produksi pada kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk membangun kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dan pesan lainnya yang ingin disampaikan pada acara Harmoni Nusantara ini adalah untuk tetap menjaga kebhinnekaan sebagai salah satu kekuatan besar bangsa Indonesia.” Pungkas Luthfi. (BK)

Categories
Entertainment

All about Fashion & Stage Photography

RELATED BY