Indonesia Ditundukkan Korea Selatan

Indonesia harus mengakui keunggulan timnas bola basket Korea Selatan, 76-105, pada pertadingan pertama Grup A FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers
image (4)

Langitsatu.com – Timnas bola basket Indonesia harus mengakui keunggulan timnas bola basket Korea Selatan pada pertandingan pertama Grup A FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers yang digelar di Mahaka Arena, Jakarta (20/02). Indonesia ditundukkan Korea Selatan dengan skor 76-109.

SangJae Kang menjadi pemain terbaik di pertandingan ini dengan 9 poin, 7 rebounds, 3 assists, dan 3 steals. Sementara, di kubu Indonesia, Abraham Damar Grahita menjadi pemain yang paling produktif dengan 25 poin dan assits.

Tidak adanya pemain naturalisasi yang bermain tidak menyulutkan semangat para pemain lokal Indonesia pada pertandingan ini. Bahkan, mereka sempat mengejutkan Korea Selatan di awal laga. Indonesiamengungguli Korea Selatan sepanjang kuarter pertama. Indonesia menutup kuarter pertama dengan keunggulan 27-21.

Namun, di kuarter 2, Korea Selatan dengan cepat mengganti strategi permainan mereka. Indonesia yang tidak siap akan hal itu mengakibatkan pola permainan mereka tidak berjalan. Korea Selatan mendapatkan momen mereka di sepanjang kuarter kedua dan memaksa Indonesia hanya memasukkan 10 angka di kuarter 2. Korea Selatan pun membalikkan keadaan di kuarter dua dengan keunggulan 55-37.

image (3) image

Keadaan di kuarter ketiga tidak jauh berbeda. Korea Selatan semakin berada di atas angin, sementara Indonesia makin sulit untuk membongkar pertahanan Korea Selatan. Usai kuarter tiga, skor masih untuk keunggulan Korea Selatan, 51-91.

Merasa sudah tidak akan terkejar, Korea Selatan mulai memasukkan para pemain muda mereka di kuarter terakhir. Kesempatan ini dimanfaatkan Indonesia untuk sedikit mengurangi margin skor. Pola permainan Indonesia kembali efektif di kuarter empat. Timnas Indonesia pun sempat memasukkan pemain 16 tahun, Derrick Michael Xzavierro, di sisa dua menit terakhir pertandingan yang sekaligus menjadi debutnya untuk timnas senior Indonesia.

image (2) image (1)

Korea Selatan berhasil mencuri kemenangan di pertandingan pertama ini dengan skor akhir 109-76. Dengan hasil ini, Korea berada di puncak grup A. Sementara Indonesia berada di peringkat kedua karena dua kontestan lain grup A, Philipina dan Thailand, baru akan bermain Minggu (23/02) mendatang.

Indonesia akan melakoni laga kandang kedua mereka di hari Minggu (23/02) melawan Philipina, dan Korea Selatan juga akan bertanding di hadapan para pendukungnya di hari yang sama melawan Thailand. (alf)

photo : FIBA Asia

Jadwal Pertandingan Indonesia di Grup A FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers

Window 1:

Indonesia vs Korea (20/02)

Indonesia vs Philipina (23/02)

Window 2:

Thailand vs Indonesia (27/11)

Korea vs Indonesia (30/11)

Window 3:

Philipina vs Indonesia (18/02/21)

Indonesia vs Thailand (21/02/21)

Categories
Sport

RELATED BY