Jakarta Bersiap Gelar Grand Prix Formula E 2020

Jakarta bersiap untuk menggelar Grand Prix Formula E 2020 yang rencananya akan digelar 6 Juni mendatang
2145499550

Langitsatu.com – Ibukota Jakarta persiapkan diri jelang gelaran Grand Prix Formula E 2020 di Jakarta atau Jakarta E-Prix 2020 yang rencananya akan digelar pada 6 Juni mendatang. Konsep sirkuit Jakarta E-Prix 2020 akan menggunakan konsep sirkuit jalan raya yang akan dibangun di area Monas dan Medan Merdeka.

Seperti layaknya sirkuit F1 Monako, Singapura, dan Meksiko, yang menggunakan konsep serupa. Pembangunan sirkuit non-permanen ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Pembangunan akan butuh waktu sekitar 3 bulan dan diperkirakan akan selesai pada akhir bulan Mei,” ujar Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang juga Chairman OC Jakarta E-Prix, Dwi Wahyu Daryoto di Jakarta (14/2).

Pembangunan sirkuit ini ditinjau langsung oleh tim FEO (Formula E Operation)  serta tim dari Tilke Engineering selaku desainer sirkuit dari awal. Pembangunan diawali dengan pembuatan pembatas trek dan pengaspalan silang Monas yang nantinya akan menjadi bagian dari trek sirkuit. Dan yang terakhir adalah tahap pembuatan tribun untuk pengunjung yang akan menyaksikan langsung gelaran Grand Prix Formula E pertama yang diadakan di Jakarta ini.

Sirkuit ini akan memiliki panjang 2,58 km dan 12 tikungan; 4 ke kiri dan 8 ke arah kanan. Dan mampu menampung sekitar 30 ribu penonton.

Setelah pembangunan sirkuit usai, nantinya tim dari FIA (Fédération Internationale de l’Automobile) selaku penanggung jawab akan melakukan peninjauan selama 10 hari untuk memastikan bahwa pembangunan sirkuit telah dilakukan sesuai rencana. Jika lulus, maka sirkuit tersebut akan mendapatkan sertifikasi Grade 3 dan dapat menggelar balapan. (alf)

Categories
Sport

RELATED BY